Sabtu, 16 Februari 2013

Andai aku merasakan kurikulum 2013


Hari ini aku akan menulis tentang Andai aku dapat merasakan kurikulum 2013,gimana ya? Enak engga ya? ada enaknya ada engganya juga. Mungkin. Enaknya tuh bisa pilih pelajaran yang di inginin,jadi pelajaran yang ga disukain ya gausah dikutin.  Dari info yang aku dapet,kurikulum 2013 itu: pilih pelajaran sesuai minat si murid,terus tidak ada yang namanya PR. Tapi pelajarannya di sekolah lebih di padetkan. Dan untuk anak SD,engga ada pelajaran IPA dan IPS,yang ada Ilmu Pengetahuan Umum,jadi IPA dan IPS digabung dalam 1 buku tersebut. Tapi,aku bingung kalau pilih sesuai minat,aku bingung pilih pelajaran apa. Tau ga kenapa? Soalnya aku kadang labil hahaha. Contoh aja misalnya pelajaran Matematika,kadang aku suka pelajaran itu kadang tidak suka. Tergantung guru yang ngajar juga sih sebenernya. 
Kalau aku dapat merasakan,dan disuruh pilih 5 mata pelajaran, yang pertama aku pilih pelajaran B.indonesia,ya karena itu bahasa negara aku sendiri,jadi menghormati gitu. Terus,aku pilih Matematika,mau engga mau harus pilih matematika. Soalnya kedepannya Matematika itu dibutuhin banget. Yang ketiga aku pilih Leadership,biar refreshing dikit,enak kalau pelajaran lead kadang nonton film,jadi mengurangi penat yang ada di otak =)) yang keempat aku pilih kimia,sebenernya sih sedikit ga suka,tapi kuliah yang aku inginin jurusannya harus bisa kimia. Ya demi cita-cita aku jalanin lah :D. And the last lesson,aku pilih pelajaran b.inggris,soalnya itu penting. Kalau ga bisa bahasa inggris,susah juga masuk kuliahnya. Dan kalau ngelamar kerja biasanya wawancara ada yang pakai bahasa inggris. Jadi,aku pilih B.inggris.
Dan sebenernya,aku masih sedikit  bingung dengan konsep kurikulum 2013 ini. Aku kadang suka mikir,nanti angkatan setelah ku yang merasakan kurikulum tersebut,UN nya bagaimana? Masa dapet kertas soal UN nya beda beda? Apa emangnya engga ribet ? Terus katanya di kurikulum ini engga boleh ada PR. Tapi yang masih masuk kurikulum sebelumnya,boleh ada PR gitu? Ga adil dong. Dan kalo seandainya ga ada PR,kalau pekerjaan sekolahnya ga selesai di sekolah,kan ga dilanjutin dirumah,nanti makin ngundur ngundur waktu buat ngerjain tugas tersebut.
Ya tapi emang ada enaknya juga sih,ya yang kayak tadi aku bilang,jadi kita bisa memilih pelajaran yang kita suka, jadi siswa engga tertekan dengan pelajaran yang bukan dibakatnya. Terus kalau enaknya engga ada PR,kalau sekolah udah full day,ada PR waduh capek banget. Engga ada waktu buat istirahat secara maksimal. Coba aja dari aku SD udah keluar kurikulum kayak begini ya hahaha enak banget.  Selamat deh yang bisa menikmati kurikulum 2013. Tapi kalo dibandingin dengan kurikulum yang sebelumnya,pasti masing-masing kurikulum punya kelebihan masing-masing. Tapi semoga peraturan tidak ada PR berlaku juga buat kurikulum sebelumnya. Amin hahaha. Sukses buat kurikulum 2013,semoga bisa lebih bermanfaat dan bisa membuat pelajar indonesia makin giat dan senang belajar,dan juga tidak tertekan lagi,dengan pelajaran yang mereka tidak sukai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar